Luka Modric , lahir pada 9 September 1985 di Zadar, Yugoslavia, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang mewakili Kroasia. Selama kariernya, ia dikenal sering bermain sebagai gelandang tengah, meskipun juga memiliki kemampuan untuk beroperasi sebagai gelandang serang atau bahkan di posisi sayap.

Karier Awal dan Klub

Setelah menunjukkan bakatnya dalam skuad muda Zadar, Modric bergabung dengan GNK Dinamo Zagreb pada tahun 2002. Di sana, ia mulai membangun reputasi internasionalnya dengan kontrak pinjaman ke Zrinjski Mostar dan Inter Zapresic.

Saat bermain untuk Dinamo Zagreb, Modric menjadi bagian dari tim yang memenangkan tiga gelar juara berturut-turut serta beberapa turnamen domestik. Prestasinya di klub tersebut membuatnya meraih gelar Player of the Year dari Prva HNL pada tahun 2007.

Modric kemudian pindah ke Tottenham Hotspur pada April 2008 dan menandatangani kontrak enam tahun. Di Tottenham, ia menjadi salah satu playmaker utama di lini tengah, bermitra dengan pemain lain untuk mengoptimalkan serangan tim.

Pada Agustus 2012, Real Madrid mengumumkan transfer Modric dari Tottenham Hotspur dengan biaya sebesar 33 juta Euro. Di Real Madrid, Modric menjadi pemain kunci di lini tengah dan membantu klub memenangkan berbagai gelar domestik dan internasional, termasuk empat trofi Liga Champions UEFA.

READ  Profil Lengkap Arda Guler Titisan Lional Messi Asal Turki

Karier Internasional

Modric telah mewakili Kroasia di berbagai turnamen internasional, termasuk Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA. Perjalanan terkenalnya adalah pada Piala Dunia 2018, di mana Kroasia mencapai final sebelum akhirnya kalah dari Prancis.

Penghargaan

Selain kesuksesannya di klub dan level internasional, Modric telah meraih berbagai penghargaan individu yang prestisius. Ini termasuk Ballon d’Or pada tahun 2018, serta berbagai penghargaan UEFA dan FIFA lainnya. Dia juga diakui sebagai salah satu pemain terbaik Kroasia sepanjang masa.

Penghargaan-penghargaan Modric juga mencakup pengakuan atas keterlibatannya dalam membantu masyarakat dan peran pentingnya dalam mempromosikan sepakbola Kroasia di tingkat global.

Prestasi dan dedikasi Modric dalam sepakbola membuatnya dihormati oleh banyak penggemar dan sesama profesional di seluruh dunia, serta membuatnya menjadi salah satu ikon olahraga terkemuka dari Kroasia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here