Lionel Andres Messi lahir pada 24 Juni 1987 dan dikenal dengan nama Leo Messi. Ia adalah seorang pemain sepak bola profesional Argentina yang saat ini bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1, Paris Saint-Germain, dan juga sebagai kapten tim nasional Argentina.

Messi sering dianggap sebagai pemain terbaik di dunia dan diakui sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Ia telah memenangkan rekor tujuh penghargaan Ballon d’Or.

Karir Klub:

Barcelona (2003 – 2021)

Messi melakukan debut tim pertamanya untuk Barcelona pada usia 16 tahun, empat bulan, dan 23 hari, pada 16 November 2003. Selama karirnya di Barcelona, ia memecahkan berbagai rekor dan meraih banyak gelar, termasuk La Liga, Copa del Rey, Liga Champions UEFA, dan berbagai trofi lainnya.

Pada tanggal 1 Juli 2021, Messi menjadi agen bebas setelah kontraknya berakhir di Barcelona. Pada 10 Agustus, ia bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan kontrak dua tahun hingga Juni 2023 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Messi melakukan debutnya untuk PSG pada 29 Agustus, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua saat menang 2-0 atas Reims di Ligue 1.

Karir Internasional:

READ  Pemain Bola yang Paling Berpengaruh Sepanjang Masa: Dari Pele hingga Messi!

Messi telah mewakili Argentina di berbagai tingkat, termasuk Argentina U20, Argentina U23, dan tim nasional senior. Ia memenangkan medali emas Olimpiade pada tahun 2008 dan membantu Argentina memenangkan Copa America pada tahun 2021.

Gaya Bermain:

Messi dikenal karena kelincahan, akselerasi, dan keterampilannya dalam menggiring bola. Kakinya yang pendek dan kuat memungkinkannya untuk unggul dalam akselerasi pendek, sementara kakinya yang cepat memungkinkannya untuk mempertahankan kendali bola dengan kecepatan tinggi.

Penghargaan:

Messi telah meraih berbagai penghargaan individu dan kolektif, termasuk Ballon d’Or, FIFA World Player of the Year, European Golden Shoe, dan banyak lagi. Ia juga memenangkan berbagai gelar domestik dan internasional bersama Barcelona dan tim nasional Argentina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here