Fabian Ruiz, seorang gelandang tengah berbakat dari Spanyol, telah menjelma menjadi salah satu pemain kunci dalam dunia sepak bola internasional. Dengan keterampilan teknis yang luar biasa, visi permainan yang tajam, dan kemampuan untuk mencetak gol dari lini tengah, Ruiz telah menarik perhatian banyak klub besar Eropa. Artikel ini akan membahas profil Fabian Ruiz, perjalanan karirnya, serta statistik yang menunjukkan kontribusinya di lapangan.

Profil Fabian Ruiz

Fabian Ruiz Peña lahir pada 3 April 1996, di Los Palacios y Villafranca, Spanyol. Sejak usia dini, Ruiz menunjukkan minat yang besar pada sepak bola dan bergabung dengan akademi sepak bola Real Betis, salah satu klub ternama di Spanyol. Dengan tinggi 189 cm, Ruiz memiliki postur ideal untuk seorang gelandang, yang memungkinkannya menguasai duel udara dan menahan bola dengan baik.

Perjalanan Karir

Fabian Ruiz memulai karir profesionalnya di Real Betis pada tahun 2014. Dia membuat debut tim utama pada Desember 2014 dalam pertandingan melawan CD Lugo. Meskipun masih muda, Ruiz menunjukkan kematangan dan ketenangan yang luar biasa di lapangan, yang membuatnya cepat naik pangkat menjadi salah satu pemain andalan di Betis.

Pada musim 2017-2018, Ruiz memainkan peran kunci dalam membantu Real Betis finis di posisi keenam di La Liga, yang memastikan tempat mereka di kompetisi Eropa. Penampilannya yang impresif menarik minat dari beberapa klub besar, dan pada musim panas 2018, Napoli, klub Serie A Italia, berhasil merekrutnya dengan biaya transfer sekitar €30 juta.

READ  Pemain Terbaik Euro 2024 Rodri Hernandez Cascante!

Di Napoli, Ruiz terus berkembang menjadi gelandang serba bisa. Kemampuannya dalam mengatur tempo permainan, menguasai bola di bawah tekanan, dan memberikan umpan-umpan akurat membuatnya menjadi pemain kunci di lini tengah Napoli. Di bawah asuhan pelatih Gennaro Gattuso, Ruiz semakin menunjukkan kualitasnya dan menjadi pemain reguler di tim utama.

Statistik Fabian Ruiz

Statistik Fabian Ruiz mencerminkan kontribusi signifikan yang dia berikan untuk tim-tim yang dibelanya. Berikut adalah beberapa statistik penting dari karirnya hingga saat ini:

  1. Napoli (Serie A)
    • Penampilan: 133 pertandingan
    • Gol: 10
    • Assist: 12
  2. Real Betis (La Liga)
    • Penampilan: 59 pertandingan
    • Gol: 3
    • Assist: 2
  3. Tim Nasional Spanyol
    • Penampilan: 18 pertandingan
    • Gol: 1

Selain itu, Ruiz juga memiliki statistik mengesankan dalam hal operan sukses, yang menunjukkan kemampuannya dalam mendistribusikan bola dengan akurat dan konsisten. Di Serie A, tingkat keberhasilan operan Ruiz mencapai sekitar 90%, sebuah angka yang sangat tinggi untuk seorang gelandang.

Penghargaan dan Pencapaian

Fabian Ruiz tidak hanya diakui karena statistiknya yang mengesankan, tetapi juga telah menerima beberapa penghargaan individual dan tim. Pada tahun 2019, dia terpilih sebagai Pemain Terbaik dalam Kejuaraan Eropa U-21 setelah membantu Spanyol memenangkan turnamen tersebut. Selain itu, Ruiz juga menjadi bagian dari skuad Napoli yang memenangkan Coppa Italia pada musim 2019-2020.

READ  Profil Lengkap Tijjani Reijnders Pemain Keturunan Maluku yang Bermain di Eropa

Masa Depan Fabian Ruiz

Dengan usianya yang masih relatif muda, masa depan Fabian Ruiz di dunia sepak bola terlihat sangat cerah. Banyak klub besar Eropa yang dikabarkan tertarik untuk merekrutnya, termasuk klub-klub dari Liga Premier Inggris dan La Liga. Dengan keterampilan dan etos kerjanya, Ruiz berpotensi menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam beberapa musim terakhir, Ruiz juga semakin sering dipanggil untuk membela tim nasional Spanyol, yang menunjukkan bahwa dia adalah bagian penting dari rencana masa depan timnas. Kemampuannya dalam bermain di berbagai posisi di lini tengah memberikan fleksibilitas taktis yang sangat berharga bagi setiap pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here