Juventus Football Club Liga Italia , yang lebih dikenal sebagai Juventus atau Juve, adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Turin, Piedmont, Italia. Mereka bersaing di Serie A, tingkat teratas dalam sistem liga sepak bola Italia. Juventus didirikan pada tahun 1897 oleh sekelompok mahasiswa Torinese, awalnya sebagai Sport-Club Juventus, sebelum kemudian nama mereka diubah menjadi Foot-Ball Club Juventus dua tahun kemudian. Klub ini memiliki sejarah kelam, termasuk skandal Calciopoli yang menyebabkan degradasi Juventus.

Kostum kandang Juventus adalah hitam dan putih, yang menjadi sangat ikonik bagi klub setelah sebelumnya mereka menggunakan kostum merah muda dengan dasi hitam. Kostum tandang mereka berwarna hitam dengan grafis putih dan aksen garis merah muda. Selain itu, Juventus juga memiliki kostum alternatif dengan kombinasi warna biru, kuning, dan putih.

Juventus telah bermain di beberapa stadion sepanjang sejarahnya, mulai dari Piazza d’Armi Stadium, Corso Sebastopoli Camp, Corso Marsiglia Camp, hingga Benito Mussolini Stadium. Namun, pada November 2009, Juventus membangun stadion baru mereka, yang dikenal sebagai Juventus Stadium. Sejak 1 Juli 2017, stadion tersebut dikenal secara komersial sebagai Allianz Stadium of Turin hingga 30 Juni 2030.

READ  Profil Lengkap Tijjani Reijnders Pemain Keturunan Maluku yang Bermain di Eropa

Dalam sejarahnya, Juventus telah meraih banyak prestasi, termasuk 36 gelar Serie A, 14 gelar Coppa Italia, dan sembilan gelar Supercoppa Italiana. Mereka juga telah memenangkan dua Intercontinental Cup, dua European Cup / UEFA Champions League, satu European Winner Cup, tiga UEFA Cup, dua UEFA Super Cup, dan satu UEFA Intertoto Cup.

Informasi Klub Juventus FC:

Nama Lengkap: Juventus Football Club S.p.A.
Julukan: La Vecchia Signora, La Fidanzata d’Italia, La Madama, I Bianconeri, Le Zebre, La Signora Omicidi, La Gheuba
Tanggal Didirikan: 1 November 1897
Stadion: Juventus Stadium (Allianz Stadium of Turin)
Kapasitas Stadion: 41.507
Pemilik: Keluarga Agnelli
Ketua: Andrea Agnelli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here