Chelsea Football Club adalah klub sepak bola profesional Liga Inggris yang berbasis di Fulham, London Barat. Klub ini didirikan pada tahun 1905 dan saat ini bersaing di Liga Premier, divisi teratas sepak bola Inggris. Chelsea FC didirikan oleh Gus Mears, dengan langkah awalnya adalah memperoleh Stamford Bridge Stadium untuk dijadikan lapangan sepak bola. Chelsea meraih promosi ke Divisi Pertama pada musim kedua mereka dan mengalami perjalanan naik turun antara Divisi Pertama dan Kedua di tahun-tahun awal.

Stamford Bridge adalah satu-satunya kandang Chelsea, tempat mereka bermain sejak berdirinya klub. Stadion ini resmi dibuka pada 28 April 1877 dan selama 28 tahun berikutnya digunakan oleh London Athletic Club sebagai arena pertemuan atletik. Dengan berbagai renovasi, Stamford Bridge kini mampu menampung 40.834 penonton dalam satu pertandingan.

Kostum khas Chelsea berwarna biru, sejalan dengan warna logo klub mereka. Kostum kandang selalu berwarna biru dari atas hingga celana, sementara kostum tandang mereka untuk musim 2021/22 berwarna kuning dengan celana hitam. Selain itu, Chelsea juga memiliki kostum alternatif berwarna hitam dengan corak biru dan garis jingga di samping.

Chelsea meraih penghargaan besar pertama mereka, League Championship, pada tahun 1955. Mereka memenangkan FA Cup untuk pertama kalinya pada tahun 1970 dan Piala Winners UEFA pertama pada tahun 1971. Dalam 25 tahun terakhir, Chelsea mencatat kesuksesan yang luar biasa, meraih lima gelar Premier League, tujuh FA Cup, empat League Cup, dua gelar UEFA Champions League, dua gelar UEFA Europa League, dua UEFA Super Cup, dan satu FIFA Club World Cup. Kesuksesan ini dipengaruhi oleh kepemilikan Roman Abramovich yang membawa revolusi besar bagi klub.

READ  Piala Golden Boy Award 2024: Prestasi Pemain Muda Terbaik!

Informasi Klub Chelsea FC:

Nama Lengkap: Chelsea Football Club
Julukan: The Blues
Tanggal Didirikan: 10 Maret 1905
Stadion: Stamford Bridge
Kapasitas Stadion: 40.834
Pemilik: Roman Abramovich

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here