Fermin Aldeguer, nama yang kembali mencuat dalam periode sibuk ‘bursa pembalap’ MotoGP. Kabar terbaru mengaitkannya dengan potensi penggantian Marc Marquez oleh Repsol Honda pada tahun 2024. Meskipun usianya baru 18 tahun, Aldeguer telah dua kali disebut-sebut akan naik ke kelas utama.

Awalnya dikenal sebagai anak muda yang menonjol dari Speed Up Racing Moto2, Aldeguer memulai karier balap profesionalnya di European Talent Cup pada 2018. Pada tahun keduanya, ia mencapai peringkat ketiga. Prestasinya semakin menonjol dengan kemenangan di CEV Stock 600 2020 dan CEV Moto2 2021.

Keunikan Aldeguer terlihat dari debutnya di paddock MotoGP melalui ajang MotoE pada 2021 bersama Openbank Aspar Team, tempat ia finis di peringkat kesembilan. Pada tahun yang sama, ia juga debut di Grand Prix di kelas Moto2, menggantikan Yari Montella di tengah musim atas permintaan Speed Up.

Pada 2022, Aldeguer akhirnya mendapatkan kontrak penuh musim dari Speed Up. Dalam tiga seri awalnya, ia mencuri perhatian dengan menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas dan meraih pole position di Seri Argentina, meskipun sebelumnya tidak pernah balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

READ  Bersahabat di Red Sparks, Surat Terbuka Giovanna Milana untuk Megawati Hangestri

Performa impresifnya menarik perhatian Honda dan Aprilia untuk promosi ke MotoGP pada 2024. Namun, manajer pribadinya, Hector Faubel, menegaskan bahwa Aldeguer menolak tawaran tersebut demi fokus pada pembelajaran dan pengalaman lebih lanjut di Moto2.

Namun, setahun kemudian, Aldeguer kembali menjadi bahan perbincangan akan naik ke MotoGP pada 2024. Menurut Ricard Jove, seorang pengamat MotoGP, Aldeguer telah menerima tawaran dari Repsol Honda untuk menggantikan Marquez.

Kontrak yang ditawarkan Honda adalah dua tahun, untuk musim 2024 dan 2025, dengan opsi untuk musim 2026. Meskipun terlihat lebih tertarik untuk bertahan di Moto2, Aldeguer dihadapkan pada keputusan penting mengingat peluang semacam ini jarang datang.

Namun, untuk mendapatkan kursi di Honda, Aldeguer harus bersaing dengan dua pembalap MotoGP lainnya, yakni Fabio di Giannantonio dan Luca Marini. Berikut adalah statistik prestasi Aldeguer, yang termasuk meraih 2 pole dan 4 podium musim ini, termasuk 2 kemenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here