MotoGP memang dikenal dengan kehadiran 10 pembalap asal Spanyol yang menghiasi ajang balap tersebut. Namun, menjelang balapan di Sirkuit Jerez pada 26-28 April 2024, sorotan tertuju pada Pedro Acosta. Pembalap Red Bull GASGAS Tech 3 ini memiliki potensi untuk memecahkan dua rekor sensasional.

Acosta, yang baru berusia 19 tahun, melakukan debutnya di MotoGP musim ini dan segera mengukir beberapa rekor gemilang sejak naik ke kelas para raja. Juara dunia Moto3 2021 dan Moto2 2023 ini mengancam beberapa rekor ‘termuda’ dalam ajang tersebut.

‘El Tiburon’ hanya menjalani tiga seri balapan di kelas tertinggi, yaitu di Qatar, Portugal, dan Austin, namun dia telah menunjukkan penampilan yang mengesankan. Acosta sering kali menjadi ancaman serius di papan atas, bahkan berani berduel sengit dengan pembalap-pembalap juara seperti Marc Marquez dan Pecco Bagnaia.

Di Grand Prix Portugal, Acosta berhasil finis ketiga dan naik podium, menjadi pembalap termuda dalam sejarah MotoGP yang meraih trofi, pada usia 19 tahun 304 hari. Di sesi kualifikasi di Austin, dia menempati posisi kedua di belakang Maverick Vinales (Aprilia Racing), menjadi pembalap termuda dalam sejarah MotoGP yang start dari barisan terdepan pada usia 19 tahun 325 hari.

READ  Inilah Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia di Proliga 2024

Di Grand Prix Austin, Acosta bahkan memimpin balapan dan hampir saja meraih kemenangan sebelum harus puas finis kedua. Prestasinya ini membuatnya menjadi pembalap termuda yang meraih dua podium beruntun di era MotoGP, juga pada usia 19 tahun 325 hari.

MotoGP melalui akun media sosialnya menyebutkan bahwa Acosta memiliki potensi untuk memecahkan dua rekor prestisius di Jerez akhir pekan ini, yaitu pole sitter dan pemenang Grand Prix termuda dalam sejarah MotoGP. Saat balapan pada Minggu, 28 April 2024, Acosta akan berusia 19 tahun 339 hari.

Saat ini, rekor pole sitter termuda dipegang oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang meraih pole position perdananya di Sirkuit Jerez pada 2019, pada usia 20 tahun 14 hari. Sementara rekor pemenang termuda dipegang oleh pembalap Gresini Racing, Marc Marquez, yang meraih kemenangan debutnya di Circuit of The Americas, Austin, pada 2013, pada usia 20 tahun 63 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here