KTM secara resmi akan menggunakan kedua jatah wildcard-nya di MotoGP 2024 melalui Dani Pedrosa dan Pol Espargaro, keduanya merupakan test rider mereka. Kedua pembalap Spanyol ini akan bersaing di dua seri yang berbeda untuk mengumpulkan data penting bagi pengembangan motor RC16.

Berdasarkan aturan konsesi baru, KTM dan Aprilia masuk dalam Kategori C, di mana mereka diberikan jatah enam wildcard per musim, dan mesin mereka tidak terikat pada pembekuan spesifikasi. Mereka dapat menggunakan maksimal tiga wildcard sebelum larangan tes musim panas, sementara tiga lainnya dapat digunakan setelah larangan tersebut.

Pedrosa akan memulai balapan wildcarnya di seri kandangnya dan sirkuit favoritnya, yaitu MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 26-28 April 2024. Sementara itu, Espargaro akan turun di Seri Italia yang digelar di Sirkuit Mugello pada 31 Mei-2 Juni 2024.

Bagi Espargaro, ini akan menjadi wildcard perdananya di MotoGP, mengingat ia berhenti berkompetisi secara penuh pada akhir 2023 karena cedera yang berkepanjangan. Kini ia telah dipindahkan ke program tes KTM setelah menjadi bagian penting dalam pengembangan RC16 pada 2017-2020 dan kembali ke KTM/GASGAS pada 2023.

Namun, bagi Pedrosa, ini merupakan wildcard keempatnya sejak ia memutuskan pensiun pada akhir 2018. Ia menjalani wildcard pertamanya di MotoGP Austria 2021, finis ke-10. Pada 2023, ia kembali berlomba di Seri Spanyol dan Seri San Marino, ikut serta dalam persaingan podium di Sprint maupun Grand Prix.

READ  Profil Lengkap Fermin Aldeguer, Rider Incaran Repsol Honda untuk Gantikan Marc Marquez

Berikut pernyataan resmi Dani Pedrosa dan Pol Espargaro mengenai keputusan KTM menurunkan mereka sebagai pembalap wildcard di MotoGP 2024:

Dani Pedrosa: “Saya sangat senang dengan pengalaman di Jerez tahun lalu dan sambutan dari para penggemar begitu mengagumkan. Kami menyadari bahwa Jerez memiliki arti yang sangat spesial bagi kami. Penting bagi kami untuk menggunakan referensi dari tes kami dan menerapkannya kembali dalam konteks balapan. Itulah alasan utama kami untuk berkompetisi pada tahun 2024.”

Pol Espargaro: “Saya sangat gembira bisa kembali ke lintasan balap, terutama di Mugello, yang merupakan tempat istimewa bagi saya untuk mengendarai motor MotoGP. Merupakan pengalaman yang menyenangkan untuk kembali bersaing di grid bersama pembalap lainnya. Tes kami telah berjalan dengan sangat baik dan saya merasa sangat termotivasi. Saya sekarang merasa seperti diri saya sendiri lagi setelah cedera pada tahun 2023. Saya tidak sabar untuk kembali ke ‘keluarga’ MotoGP dan menunjukkan bahwa kinerja tes kami tangguh dan cepat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here