Profil Pedro Acosta, seorang rookie atau debutan di MotoGP 2024, yang akan bergabung dengan GASGAS Factory Racing Tech 3. Sejak awal karirnya di paddock Grand Prix pada 2021, Acosta telah membuat kehebohan di MotoGP, meskipun saat itu ia masih berkompetisi di kelas Moto3.

Bagaimana tidak? Meskipun masih muda, dia sering memberikan penampilan yang mengesankan di lintasan balap. Selain itu, karakternya yang flamboyan dan humoris membuatnya menjadi perbincangan hangat di sirkuit MotoGP.

Acosta, yang saat ini berusia 19 tahun, akan menjadi pembalap termuda di grid MotoGP 2024, di belakang Raul Fernandez dan Fabio Quartararo. Ia sering disebut sebagai ‘The Next Marc Marquez’.

Ingin tahu lebih banyak tentang pembalap baru MotoGP ini? Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Pedro Acosta beserta profilnya.

Fakta-Fakta Menarik Pedro Acosta

  1. Sebelum memasuki Moto3 pada 2021, Acosta berkompetisi di dua kejuaraan junior sepanjang 2020. Dia finis di posisi ketiga dalam FIM CEV Moto3 Junior Championship. Selain itu, dalam Red Bull Rookies Cup, Acosta berhasil meraih gelar juara dengan dominasi yang luar biasa.
  2. Saat melakukan balapan debutnya di Moto3 di Seri Qatar di Sirkuit Losail pada Maret tahun lalu, Acosta masih berusia 16 tahun. Dia langsung finis di posisi kedua, di belakang rekan setimnya, Jaume Masia.
  3. Seminggu kemudian, dalam Seri Doha di trek yang sama, Acosta dihukum memulai balapan dari pit lane setelah dianggap mengemudi tidak bertanggung jawab selama sesi FP2. Namun, ia berhasil memenangkan balapan.
  4. Kemenangan Acosta di Seri Doha membuatnya menjadi pembalap Moto3 pertama yang memenangkan balapan setelah memulai dari pit lane. Ia mengulangi prestasi yang pernah dicapai oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez, yang masing-masing memenangkan MotoGP Valencia 2012 dan Jerman 2014 setelah memulai dari pit lane.
  5. Acosta adalah debutan pertama yang memenangkan gelar Moto3. Namun, ia adalah yang kedua di kelas terendah (GP125/Moto3), setelah Loris Capirossi pada tahun 1990.
  6. Loris Capirossi memegang rekor sebagai juara dunia termuda dalam sejarah, dengan usia 17 tahun 165 hari. Namun, Acosta hanya lebih tua satu hari darinya saat memenangkan gelar Moto3 tahun ini.
  7. Acosta adalah pembalap Red Bull KTM Ajo ketiga yang memenangkan gelar Moto3, setelah Sandro Cortese (2012) dan Brad Binder (2016).
  8. Dia juga menjadi pembalap Spanyol keenam yang memenangkan gelar Moto3, setelah Maverick Vinales (2013), Alex Marquez (2014), Joan Mir (2017), Jorge Martin (2018), dan Albert Arenas (2020).
  9. Acosta naik ke Moto2 pada 2022 dan menyelesaikan musim di peringkat 5, serta meraih gelar debutan terbaik. Saat ini, dia memimpin klasemen sementara dengan enam seri tersisa, membuatnya menjadi kandidat kuat untuk menjadi juara dunia 2023.
READ  Bersahabat di Red Sparks, Surat Terbuka Giovanna Milana untuk Megawati Hangestri

Profil dan Statistik Karier Pedro Acosta

  • Nama lengkap: Pedro Acosta Sanchez
  • Tempat, tanggal lahir: Mazarron, Spanyol, 25 Mei 2004
  • Nomor balap: #37
  • Gelar dunia: 1 (Moto3 2021)
  • Kemenangan: 15 (hingga Seri Jepang)
  • Podium: 24 (hingga Seri Jepang)
  • Pole: 9 (hingga Seri Jepang)
  • Lap tercepat: 9 (hingga Seri Jepang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here