Mendekati Proliga 2024, turnamen voli nasional yang berlangsung dari 25 April hingga 21 Juli 2024, Yolla Yuliana, seorang pevoli putri, menarik perhatian. Ia memilih untuk mengikuti seleksi Liga Voli Korea Selatan, yang menjadi sorotan bagi pencinta voli Indonesia setelah Megawati Hangestri Pertiwi turut serta.

Yolla, yang berasal dari Bandung dan kini berusia 29 tahun, mulai mencintai voli sejak usia muda, terinspirasi oleh ibunya, Mira Mutiara. Karirnya dimulai di dunia voli Indonesia pada usia 12 tahun bersama klub Alko Bandung.

Pada tahun 2009, Yolla bergabung dengan klub Bogor Prayoga Unitas. Performa gemilangnya membawanya bergabung dengan Jakarta Elektrik PLN pada 2010. Bersama Jakarta Elektrik PLN, Yolla berhasil meraih gelar juara Proliga pada tahun 2014.

Jejak Kiprah Yolla Yuliana di Klub Lain

Pada tahun 2017, Yolla memutuskan untuk bergabung dengan Jakarta BNI 46 dan berhasil menjadi runner-up pada tahun 2018, sebelum akhirnya pindah ke Bandung bjb Tandamata pada 2019. Bersama Bandung bjb Tandamata, Yolla kembali meraih gelar juara Proliga pada tahun 2022.

Pada tahun 2023, Yolla bergabung dengan Jakarta Pertamina Fastron dan berhasil menjadi runner-up. Menjelang musim kompetisi 2024, Yolla memilih untuk kembali ke Jakarta Elektrik PLN dengan tekad untuk meraih gelar juara Proliga sekali lagi.

READ  Profil dan Kiprah Jushana Pevoli Putri Andalan Sulawesi Tenggara

Yolla juga telah beberapa kali membela timnas voli putri Indonesia, termasuk di Kejuaraan ASEAN Junior 2008. Ia juga meraih medali perunggu di SEA Games 2013 dan 2015, serta medali perak di SEA Games 2017.

Aktivitas di Luar Lapangan Voli

Selain menjadi atlet voli yang berbakat, Yolla juga aktif dalam berbagai kegiatan di luar lapangan. Pada tahun 2017, ia tampil dalam film ‘Seteru’ yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, memerankan peran cameo.

Tahun ini, Yolla juga menjadi model dalam video klip musisi Anji dalam lagu ‘Orang yang Berbeda’. Syuting video klip dilakukan di tengah-tengah persiapannya menghadapi Proliga 2024.

Selain itu, Yolla juga memutuskan untuk mengikuti seleksi Liga Voli Korea Selatan, atau Korean V-League, yang akan digelar di Jeju, Korea Selatan, pada 29 April-1 Mei 2024.

Berikut ini adalah profil lengkap Yolla Yuliana:

Profil Lengkap Yolla Yuliana:

  • Nama lengkap: Yolla Yuliana
  • Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 16 Mei 1994
  • Posisi: Middle Blocker
  • Nomor Punggung: 15
  • Tinggi Badan: 181 cm
  • Spike: 285 cm
  • Block: 274 cm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here