Burnley Football Club adalah klub sepak bola Inggris yang berbasis di Burnley, Lancashire. Klub ini didirikan pada tanggal 18 Mei 1882 dan menjadi salah satu yang pertama menjadi profesional pada tahun 1883. Mereka mendorong Asosiasi Sepak Bola untuk mengizinkan pembayaran kepada pemain. Burnley memasuki Piala FA untuk pertama kalinya pada musim 1885–86 dan merupakan salah satu dari 12 pendiri Liga Sepak Bola pada musim 1888–89.

Selama tahun 1950-an hingga 1970-an di bawah kepemimpinan Bob Lord, klub ini terkenal karena kebijakan pemuda dan sistem kepanduannya. Mereka juga merupakan salah satu yang pertama mendirikan tempat pelatihan khusus. Burnley telah menggunakan berbagai desain dan warna kit sepanjang sejarahnya. Situs Turf Moor telah menjadi tempat pertandingan kandang mereka sejak Februari 1883.

Burnley telah meraih beberapa prestasi signifikan. Mereka menjadi juara Inggris dua kali, pada musim 1920–21 dan 1959–60. Mereka juga memenangkan Piala FA sekali, pada musim 1913–14, serta memenangkan FA Charity Shield dua kali, pada tahun 1960 dan 1973. Burnley juga berhasil menjadi runner-up di Divisi Pertama dua kali dan runner-up Piala FA dua kali.

Klub ini juga memiliki sejarah sukses di divisi-divisi yang lebih rendah. Mereka telah memenangkan Divisi Kedua/Championship tiga kali, serta memenangkan Divisi Ketiga/Second Division dan Divisi Keempat. Burnley adalah salah satu dari lima tim yang berhasil memenangkan keempat divisi profesional sepak bola Inggris.

READ  Hasil Euro 2024 3 July: Rumania vs Belanda: Skor 0-3

Beberapa prestasi Burnley termasuk kemenangan dalam Piala Lancashire dan Anglo-Scottish Cup, serta menjadi runner-up dalam Texaco Cup dan Associate Members’ Cup.

Di Liga Premier Inggris, Burnley telah menjadi peserta reguler sejak promosi mereka pada musim 2016. Dengan basis penggemar yang kuat dan sejarah yang kaya, Burnley terus menjadi salah satu klub yang menarik perhatian dalam kompetisi sepak bola Inggris.

Data Klub Burnley:

Nama Lengkap: Burnley Football Club
Julukan: The Clarets
Didirikan: 18 Mei 1882
Stadion: Turf Moor
Pemilik: Alan Pace
Pelatih: Mike Jackson

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here