Hellas Verona didirikan pada tahun 1903 oleh sekelompok siswa sekolah menengah, awalnya dengan nama Hellas atas permintaan seorang profesor klasik. Dari tahun 1898 hingga 1926, sepak bola Italia diorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok regional. Hellas adalah salah satu tim pendiri liga awal dan sering menjadi pesaing teratas pada periode tersebut.

Kostum kandang Hellas Verona identik dengan warna biru gelap dengan aksen kuning, sedangkan kostum tandang menggunakan warna dasar putih dengan aksen biru dan kuning. Untuk kostum ketiga, klub mengenakan warna hijau dengan celana putih.

Sejak tahun 1963, klub bermain di Stadion Marc’Antonio Bentegodi yang memiliki kapasitas untuk menampung 39.211 penonton. Stadion ini merupakan tempat bersama dengan rival Hellas, Chievo Verona, hingga tahun 2021. Bentegodi juga menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Piala Dunia FIFA 1990.

Prestasi terbesar Hellas Verona adalah menjadi juara Serie A pada musim 1984/85. Mereka juga berhasil promosi ke Serie A pada musim 2018/19 setelah periode degradasi.

Informasi Klub Hellas Verona:

Nama Lengkap: Hellas Verona Football Club S.p.A.
Julukan: I Gialloblu, I Mastini, Gli Scaligeri, I Butei
Tahun Didirikan: 1903
Stadion: Stadion Marc Antonio Bentegodi
Kapasitas Stadion: 39.371
Presiden: Maurizio Setti

READ  Hasil Euro 2024 3 July: Rumania vs Belanda: Skor 0-3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here