Pada 8 September 2023, daftar pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, diumumkan, yang terdiri dari 24 pemain. Sebagian besar dari mereka adalah pemain veteran seperti Marc Klok, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, dan Rachmat Irianto. Pelatih Shin Tae-yong juga memilih untuk memanggil kembali Nadeo Argawinata dan Egy Maulana Vikri yang sebelumnya absen dalam beberapa kesempatan.

Terdapat juga beberapa pemain baru yang disertakan dalam daftar, termasuk Ryan Kurnia (Persib Bandung), Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang), dan Aji Kusuma (Persija Jakarta). Keberadaan nama terakhir tersebut cukup mengejutkan.

Musim ini, performa Aji Kusuma dinilai belum mencapai puncaknya. Dari delapan pertandingan yang dijalani bersama Persija di BRI Liga 1 2023/2024, ia hanya sekali menjadi starter tanpa mencetak gol. Berikut adalah profil singkat dari pemain asal Riau ini.

Awal Karir
Aji Kusuma memulai karirnya dengan bergabung bersama klub amatir Pandawa Lima FC pada tahun 2016. Setahun kemudian, ia direkrut oleh KS Tiga Naga U-17. Perjalanan karirnya berlanjut dengan bergabung bersama PS TNI U-19 (2017), Bali United U-19 (2017), sebelum akhirnya bermain untuk Persika Karawang pada tahun 2018. Ia kemudian pindah ke Borneo FC (2018), Persiba Balikpapan (2018), sebelum akhirnya bergabung dengan Persija.

READ  Indra Sjafri Tetapkan 23 Pemain Timnas di AFF U-19!

Pengalaman di Timnas Indonesia U-19 Era Indra Sjafri
Aji Kusuma juga merupakan salah satu penyerang Timnas Indonesia U-19 pada Piala Asia U-19 2018. Pada saat itu, tim tersebut dilatih oleh Indra Sjafri. Di sana, ia bersaing dengan pemain-pemain seperti Hanis Saghara Putra dan Muhammad Rafli Mursalim. Aji mulai menarik perhatian setelah berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Jepang dalam salah satu uji coba.

Penyerang yang Mengancam Gawang Jepang U-19
Aji Kusuma pernah menjadi sorotan karena dua kali mencetak gol ke gawang Timnas Jepang U-19 pada tahun 2018, baik bersama Persika Karawang maupun Timnas Indonesia U-19.

Peran di Persija
Aji Kusuma bergabung dengan Persija pada putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 setelah pindah dari Persiba, klub Liga 2. Di musim pertamanya, ia berhasil mencuri perhatian suporter Persija berkat dedikasinya di lapangan dengan mencetak tiga gol dari 16 pertandingan. Namun, di musim keduanya, performanya menurun. Meskipun sudah diberi kesempatan bermain delapan kali, namun ia belum berhasil mencetak gol.

Meski demikian, Aji Kusuma mendapatkan panggilan pertamanya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia Senior dalam pertandingan melawan Turkmenistan. Kegigihannya di lapangan dianggap cocok dengan gaya permainan yang diinginkan oleh Shin Tae-yong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here