S.S. Lazio adalah klub olahraga profesional Liga Italia yang berbasis di Roma dan terkenal atas prestasinya dalam sepak bola. Klub ini didirikan pada 9 Januari 1900, dan pada tahun 1927, Lazio menjadi satu-satunya klub besar di Roma yang menolak upaya rezim Fasis untuk menggabungkan semua tim kota menjadi apa yang kemudian menjadi A.S. Roma. Pada tahun yang sama, Lazio secara paksa turun ke Serie B pada tahun 1980 karena terlibat dalam skandal besar terkait taruhan ilegal pada pertandingan mereka sendiri, bersama dengan Milan.

Kostum Lazio umumnya berwarna biru muda dengan celana putih, terutama untuk kostum kandang mereka. Sedangkan untuk kostum tandang, mereka menggunakan kostum berwarna putih dengan bagian pundak berwarna biru gelap, sejalan dengan warna celana. Kostum alternatif Lazio berwarna hitam secara keseluruhan dengan garis-garis biru muda di bagian lengan.

Stadio Olimpico, yang terletak di Foro Italico, adalah stadion utama di Roma. Ini menjadi kandang bagi tim nasional sepak bola Italia serta tim lokal Lazio dan Roma. Pada musim 1989–1990, Lazio dan Roma memainkan pertandingan mereka di Stadio Flaminio Roma, yang terletak di distrik Flaminio, karena renovasi yang dilakukan di Stadio Olimpico. Stadio Olimpico memiliki kapasitas sebanyak 70.634 penonton.

READ  Profil Lengkap Emilio Audero Mulyadi Kiper Andalan Klub

Klub ini mencapai sukses besar pertama mereka pada tahun 1958 dengan memenangkan piala domestik. Pada tahun 1974, mereka memenangkan gelar Serie A pertama mereka. Lazio mencapai final UEFA Cup pertama pada 1998 dan berhasil menjadi juara UEFA Cup pada 1999, serta meraih UEFA Super Cup. Meskipun mengalami krisis ekonomi pada tahun 2002, klub tetap berprestasi dan telah memenangkan empat gelar Coppa Italia sejak saat itu, yaitu pada tahun 2004, 2009, 2013, dan 2019.

Informasi Klub S.S. Lazio:

Nama Lengkap: Societa Sportiva Lazio S.p.A
Julukan: I Biancocelesti, Le Aquile, Aquiloti
Tanggal Didirikan: 9 Januari 1900
Stadion: Stadio Olimpico
Kapasitas Stadion: 70.634
Pemilik dan Presiden: Claudio Lotito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here