Sejarah baru dalam sepak bola Indonesia telah terukir. Timnas berhasil mencatatkan namanya dalam daftar elite tim yang berhasil mencapai babak perempat final Piala Asia U-23. Ini bukan hanya kebanggaan bagi negara, tetapi juga menandai kebangkitan baru dalam perjalanan sepak bola Indonesia di tingkat internasional.

Di balik prestasi timnas, ada seorang juru taktik yang berperan penting, yaitu Shin Tae-yong. Ia adalah seorang pelatih asal Korea Selatan yang telah menangani Timnas Indonesia sejak akhir 2019. Mari kita lihat profil dan prestasi yang telah dicapai oleh Shin Tae-yong.

Profil
Shin Tae-yong lahir pada 11 April 1970 di Yeongdeok, Korea Selatan. Karier sepak bolanya dimulai sebagai pemain di klub Seongnam FC dari tahun 1992 hingga 2004.

Saat bermain di Seongnam FC, klub ini meraih tiga gelar juara berturut-turut dalam periode 2001-2003. Dalam kariernya, Shin Tae-yong juga dua kali meraih Most Valuable Player (MVP) Award pada tahun 1995 dan 2001.

Pada tahun 2004, Shin Tae-yong pindah ke klub Queensland Roar sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada tahun 2005. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, ia melanjutkan karier sebagai pelatih.

Prestasi sebagai Pelatih
Sebelum memimpin Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah mencatat sejumlah prestasi cemerlang. Salah satu momen puncak kariernya adalah ketika ia membawa Timnas Korea Selatan mencapai Final Piala Asia 2015, pencapaian pertama dalam 27 tahun. Selain itu, ia juga membawa timnas Korea Selatan menjadi juara dalam ajang Piala EAFF pada tahun 2017.

READ  Profil dan Karier Sepak Bola Calvin Verdonk

Pada Desember 2019, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Shin Tae Yong sebagai pelatih baru timnas Indonesia, menggantikan Simon McMenemy. Kehadirannya diharapkan bisa membawa perubahan positif dalam prestasi sepak bola Indonesia. Terbukti dengan kualitasnya sebagai pelatih andal yang mampu membawa timnas Indonesia ke perempat final Piala Asia U-23.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here