Tahun 2024 akan menyajikan sajian menarik di sektor putri Liga voli nasional Indonesia, PLN Mobile Proliga 2024, dengan kehadiran dua mantan pemain klub Korea Selatan, Daejeon Red Sparks. Mereka adalah Megawati Hangestri Pertiwi dan Giovanna Milana.

Megawati dan Giovanna, atau yang akrab disapa Gia, merupakan dua pilar penting bagi Red Sparks sepanjang musim 2023/2024. Selain berperan dalam tim, keduanya juga menjalin persahabatan yang erat di luar lapangan. Setelah musim Korean V-League berakhir, keduanya memilih untuk berkompetisi di Proliga 2024. Namun, mereka tidak akan berada dalam tim yang sama.

Megawati resmi bergabung dengan Jakarta BIN, sementara Gia akan membela Jakarta Pertamina Enduro. Namun, manajemen Jakarta Pertamina Enduro belum memberikan konfirmasi resmi terkait kedatangan Gia, dengan alasan masih dalam tahap negosiasi.

Jejak Karier Giovanna Milana di Dunia Voli

Gia memulai karirnya di dunia voli saat berkuliah di Universitas Maryland pada tahun 2016, dengan jurusan Wirausaha dan Inovasi. Namun, pada tahun 2018, ia pindah ke Universitas Baylor untuk mempelajari Pemasaran, Manajemen, dan Bisnis. Di sana, ia meraih gelar juara NCAA Big 12 Conference pada musim 2019/2020.

Setelah pengalaman di NCAA, Gia memutuskan untuk bermain di Eropa, bergabung dengan klub putri di Liga Prancis, Pays d’Aix Venelles. Namun, ia hanya bermain untuk satu musim sebelum pindah ke Puerto Rico untuk bermain dengan klub Sanjuaneras de la Capital.

READ  Libas Rekor Marc Marquez, Pedro Acosta Bisa Jadi Pemenang Termuda MotoGP!

Setelah satu musim di Puerto Rico, Gia kembali ke Eropa dan bergabung dengan klub Liga Italia. Pada tahun 2021, ia membela Itas Ceccarelli Martignacco, sebelum kemudian berpindah ke CDA Talmassons pada musim berikutnya.

Pada tahun 2023, Gia mengikuti seleksi untuk Liga Korea Selatan atau Korean V-League dan akhirnya bergabung dengan Red Sparks. Di sana, ia bertemu dengan Megawati, dan bersama-sama membantu Red Sparks mencapai babak semifinal playoff serta menempati peringkat ketiga.

Profil Lengkap Giovanna Milana:

  • Nama Lengkap: Giovanna Elisa Milana
  • Nama Panggilan: Gia
  • Kebangsaan: Amerika Serikat
  • Tanggal Lahir: 13 Juni 1998
  • Posisi: Outside Hitter
  • Nomor Punggung: 77
  • Tinggi: 188 cm
  • Spike: 305 cm
  • Block: 282 cm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here